jump to navigation

Following Blog 4 Desember 2010

Posted by andrewied in tips.
Tags:
trackback

Hola! Kali ini daku ingin memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara yg mudah untuk following suatu blog.

Pada dasarnya cara yg biasa digunakan adalah dgn menggunakan RSS Feed. Cara yg paling simpel adalah dengan memanfaatkan RSS reader yg dimiliki browser kita (daku pernah coba di Opera, tapi kalau Firefox belum pernah, mungkin harus ditambahi add-on dulu). Untuk tips yg ingin aku berikan di sini adalah menggunakan RSS reader online milik Google yg bernama Google Reader.

Google Reader sedikit berbeda dgn reader yg lain. Setahu saya kebanyakan reader hanya menampilkan judul posting dan sedikit deskripsi, tetapi dengan Google Reader dapat ditampilkan keseluruhan isi posting, termasuk gambar. Selain itu, Google Reader juga memanfaatkan AJAX yg membuat tampilan menjadi lebih interaktif.

Langkah pertama untuk memanfaatkan Google Reader adalah dengan terlebih dahulu mendaftar di akun Google Mail. Jangan lupa log in dulu, setelah halaman Google Reader terbuka, klik Tombol  ‘Add a Subscription’ yg ada di pojok kiri atas halaman. Isi dengan alamat blog yg ingin kamu follow, udah deh.

Tampilan Halaman Utama Google Reader

Tampilan Halaman Utama Google Reader

Tampilan blog yg di-follow

Tampilan blog yg di-follow

Oh iya, sebagai tambahan Google Reader tidak hanya untuk mem-follow Blog saja, tetapi juga tipe web lain yg punya RSS Feed di dalamnya (ditandai dg logo mirip sinyal berwarna oranye).

Selamat mencoba!

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar